Apa Saja Efek Samping Minum Kopi?

Apa Saja Efek Samping Minum Kopi?

Jumat, 02 Agust 2019
Kopi adalah salah satu minuman favorit orang-orang dari seluruh dunia. Beberapa dari kita memulai hari dengan meminum secangkir kopi agar bisa “melek” dan memulai aktivitas sehari-hari. Walau begitu, ada beberapa efek samping minum kopi yang bisa terjadi terutama bila seseorang terlalu banyak meminum kopi.

Kebiasaan meminum kopi sendiri dalam jangka pendek meningkatkan “kewaspadaan” seseorang dan dalam jangka panjang mengurangi resiko terkena Parkinson, Batu empedu, dan penyakit hati dan ginjal. Namun disaat yang bersamaan, konsumsi kopi dalam jangka panjang biasa dikaitkan dengan meningkatnya kadar kolesterol, resiko penyakit jantung dan osteoporosis.

Menurut para ahli kesehatan, kopi mengandung senyawa kafein berbentuk kristal yang memiliki rasa pahit dan bekerja menghasilkan psikotonik yang kuat dan diuretik ringan.

Kecanduan akan kopi membuat para pengonsumsi akan mengalami ketergantungan. Beberapa mengaku jika tak mengonsumsi kopi menjadi lemas, pusing, dan mudah mengantuk.
Bahaya kopi untuk kesehatan apabila dikonsumsi berlebihan adalah:
  1. Menyebabkan detak jantung yang lebih cepat dari biasanya. Hal inilah yang membuat pengonsumsi kopi menjadi mudah marah. Selain itu, bagi yang mengalami gejala serangan jantung lebih baik tidak meminum kopi sama sekali.
  2. Dapat menimbulkan sakit maag karena asam dari kopi membuat asam lambung meningkat. Ada resiko stroke dan serangan jantung karena dapat meningkatkan kolestrol jahat pada tubuh, serta darah yang lebih pekat. Hal ini menimbulkan endapan lemak dan penyempitan pembuluh darah.
  3. Menimbulkan insomnia.
  4. Melemahkan daya tahan tubuh karena kafein dapat menyerap mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh anda.
  5. Menyebabkan kram otot yang menyebabkan ngilu dan kram pada otot karena kandungan kafein bisa mengurangi kadar keratin serum pada tubuh.
6. Perubahan hormon tak stabil

7. Gangguan mood

8. Pusing/vertigo

9. Konstipasi

10. Bisa menyebabkan exfoliation glaucoma atau gangguan pada mata.

11. Keseimbangan lemak menurun akibat kafein.

12. Berkeringat

13. Kafein menyebabkan iritasi usus.

14. Melemahkan sel otak.

15. Stres karena kafein dapat melepaskan hormon stres.

16. Mineral dalam kopi mempengaruhi penyerapan zat besi dalam tubuh dan mengurangi kemampuan ginjal untuk mempertahankan zat–zat dan mineral penting yang diperlukan tubuh.


Begitu banyak efek buruk kopi, terutama bagi yang berusia muda. Jadi sebaiknya mengkonsumsi kopi dalam jumlah secukupnya dan tidak melebihi 400 mg/ hari.

Kunjungi Painfree Sehat untuk Mendapatkan Penanganan Terapi Tulang Belakang yang Tepat dari Ahlinya!

Ada beberapa pendapat mengenai bagaimana postur yang baik. D...

Tubuh kita tidak pernah beristirahat bahkan saat tidur. Mala...

Wajar memang jika saat berolahraga secara intensif, tubuh ak...

Adanya Kebijakan Privasi ini adalah komitmen nyata dari Pain...

Semua penjelasan, deskripsi, gambar, dan informasi lainnya p...

Send Message