Saraf Terjepit (HNP) atau Otot Pegal Karena Capek?

Saraf Terjepit (HNP) atau Otot Pegal Karena Capek?

Senin, 29 Apr 2019
Penyakit saraf terjepit mungkin tak asing terdengar. Saraf terjepit juga sering dikenal sebagai HNP (Hernia Nukleus Pulposus). Masyarakat awam sering keliru dan sulit membedakan antara saraf kejepit dan nyeri pinggang biasa karena capek.

Gejala saraf terjepit umumnya berupa rasa nyeri di area yang terkena seperti pinggang atau leher. Nyeri juga dapat menjalar ke bagian tubuh lain, seperti kaki atau tangan. Terkadang dapat disertai kesemutan dan baal hingga rasa lemas dan kelumpuhan. Nyeri dapat muncul setiap saat atau pada posisi tubuh tertentu dan berulang di lokasi yang sama. Saraf terjepit akan membuat penderitanya sulit bergerak, berjalan atau bahkan saat duduk ataupun tidur.

Penyebab Saraf Terjepit

Saraf terjepit terjadi akibat pekananan saraf tulang belakang, yang disebabkan oleh pecahnya bantalan sendi yang terletak diantara tulang belakang. Bagian yang sering terkena adalah pinggang/lumbal dan leher/cervical.

Penyebab saraf terjepit bermacam-macam, bisa karena penuaan dini yang menyebabkan bantalan sendi kehilangan elastisitasnya, cedera/terjatuh, mengangkat beban berat, kanker atau tumor. Risiko seseorang menderita HNP lebih besar jika terlalu banyak duduk, kelebihan berat badan, dan kurang berolahraga.

Pengobatan saraf terjepit tidak harus dengan operasi. Hal ini tergantung pada derajat beratnya bantalan sendi yang pecah dan penekanan terhadap saraf tulang belakang. Terapi konvensional seperti konsumsi obat antinyeri dan radang serta tulang belakang, otot dan persendian dan fisioterapi menjadi pilihan pertama pengobatan. Namun terapi yang tidak sesuai dapat menyebabkan penyakit semakin parah.

Dapatkan Informasi Kesehatan Lainnya Hanya di Painfree Sehat!

Pengobatan Saraf Terjepit Painfree Sehat

Setiap keluhan yang muncul harus dicari dan diterapi dari sumbernya. Untuk melenturkan otot yang kaku dapat dilakukan terapi massage atau pijat disertai bantuan alat fisioterapi serta latihan peregangan. Pada persendian yang kaku dan tidak bergerak butuh dilakukan manipulasi tulang belakang (adjustment) untuk mengembalikan ruang gerak sendi dan memperbaiki posisi tulang sehingga dapat membebaskan jepitan saraf.

Painfree Sehat sebagai spesialis pengobatan tulang belakang memberikan perawatan saraf terjepit dengan teknik fisioterapi dan adjusment yang dilakukan oleh dokter ahli di bidangnya. Jadi, segera kunjungi Painfree Sehat untuk mengobati saraf terjepit tanpa operasi yang efektif dan aman bagi tubuh.

Kunjungi Painfree Sehat untuk Mendapatkan Penanganan Terapi Tulang Belakang yang Tepat dari Ahlinya!

Wajar memang jika saat berolahraga secara intensif, tubuh ak...

Setiap manusia selalu berusaha untuk menjaga kesehatan tubuh...

Tulang Belakang, Otot dan merupakan bidang yang menangani ke...

Dr Magieline adalah alumnus Fakultas Kedokteran Umum Univers...

Adanya Kebijakan Privasi ini adalah komitmen nyata dari Pain...

Send Message