Postur yang Baik bagi Tubuh

Postur yang Baik bagi Tubuh

Sabtu, 18 Agust 2018
Berdiri atau duduk tegak bukanlah sekedar etiket atau formalitas. Ada beberapa pendapat mengenai bagaimana postur yang baik.

Gaya hidup masyarakat jaman sekarang mebuat banyak orang menghabiskan waktu dengan posisi duduk membungkuk di depan komputer dan notebook atau membaca buku, dan duduk dengan posisi tidak nyaman di kursi kantor, mobil atau rumah. Pemakaian ponsel dan kegiatan media sosial digital mereka menjadi pemicu perubahan postur tubuh.

Perubahan postur menyebabkan beban tulang belakang bertambah. Keluhan di tulang belakang dan area sekitarnya, baik di otot maupun persendian hingga saraf tulang belakang mulai bermunculan dan mengganggu aktivitas sehari hari. Kebanyakan orang menyadari munculnya gejala sakit pada punggung dan ataupun leher, namun banyak yang tidak peduli. Sakit punggung ataupun leher merupakan penyebab paling umum kedua yang menjadi alasan untuk berobat ke dokter setiap tahun dan mengkonsumsi obat penahan sakit dalam jangka waktu yang panjang.
Postur yang buruk seperti bungkuk tidak hanya membuat anda terlihat lebih tua. Riset membuktikan bahwa postur buruk juga menggangu pencernaan dan fungsi organ dalam bahkan gangguan seksual. Tulang belakang, otot dan sendi yang saling terhubung merupakan pondasi utama tubuh yang berfungsi untuk bergerak dan postur yang baik menjaga tubuh tetap seimbang. Saraf yang berada di antara ruas tulang belakang merupakan cabang dari susunan saraf otak.

Saat postur seseorang berubah dari lekuk normalnya, keseimbangan tulang belakang untuk menunjang tubuh terganggu. Akibatnya otot menjadi tegang dan persendian menjadi cepat kaku. Hal ini akan menimbulkan gangguan postur, scoliosis, sakit kepala (migraine atau tension headache) dan sakit punggung ataupun pinggang, hingga saraf terjepit.

Untuk menilai postur anda dapat berdiri di depan cermin. Postur yang baik adalah apabila kedua telinga, kedua bahu dan panggul anda dalam posisi sejajar. Dari sisi samping, lekuk tubuh terdapat di belakang leher, pundak dan pinggang. Lekuk normal terbentuk bila anda bisa menarik garis lurus antara telinga, bahu, panggul, lutut dan mata kaki.

Bagaimana Postur Duduk yang Baik?

Aturlah posisi duduk sehingga kepala, leher serta punggung anda berada dalam satu garis lurus dan pandangan lurus ke depan. Pergunakan kursi dengan sandaran untuk menunjang punggung anda, aturlah posisi ketinggian kursi sehingga kaki menapak di lantai. Pada pemakaian komputer disarankan untuk mengatur tinggi monitor setinggi mata sehingga posisi kepala tidak menunduk atau menengadah. Posisikan lengan anda pada posisi netral di samping badan dan siku membentuk sudut lebih dari 90 derajat. Pakailah ukuran mouse yang sesuai dengan ukuran telapak tangan anda dan letakkan keyboard dekat dengan tubuh anda.

Setiap 30 menit lakukanlah peregangan pada bagian leher, pundak, pinggang dan kaki serta bangun dari kursi anda. Posisi duduk yang tidak baik akan membuat tubuh kita cepat lelah dan aktifitas fisik menjadi tidak optimal.

Punya Keluhan Sakit Tulang Belakang? Kunjungi Painfree Sehat untuk Mendapatkan Penanganan yang Tepat dari Ahlinya!

Laptop dibentuk sesederhana mungkin untuk mudah dibawa dan d...

Ada beberapa pendapat mengenai bagaimana postur yang baik. D...

Ketika rasa sakit menyerang, obat penghilang rasa sakit atau...

Posisi menulis yang baik sangat penting dan mempengaruhi pos...

Tujuh dari sepuluh wanita di Indonesia tidak sadar atas pent...

Send Message