Tulang Belakang, Otot dan Persendian Meningkatkan Performa Olahragawan

Tulang Belakang, Otot dan Persendian Meningkatkan Performa Olahragawan

Jumat, 05 Apr 2019

Setiap manusia selalu berusaha untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Salah satu caranya adalah dengan berolahraga. Banyak sarana olahraga seperti fitness centre, sport centre yang didirikan untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Setiap jenis olahraga sebaiknya dilakukan dengan mengetahui terlebih dahulu tehnik dan caranya yang benar. Latihan dan gerakan yang kurang tepat dapat menimbulkan cedera ringan hingga berat, yang pada akhirnya akan menyebabkan cedera pada otot, persendian, saraf hingga tulang belakang.

Kasus terjadinya cedera saat berolahraga biak ringan maupun berat sering ditemukan baik pada pemula maupun atlet profesional. Hal ini dapat disebabkan oleh kurang tepatnya tehnik olahraga yang dilakukan atau penggunaan alat bantu olahraga yang tidak sesuai. Sangat sering dijumpai kurangya pemanasan saat akan memulai olahraga, dan tidak dilakukannya pendinginan setelah olahraga selesai.

Pemeriksaan kondisi otot, persendian dan tulang belakang merupakan hal penting yang harus dilakukan sebelum memilih untuk melakukan jenis olahraga tertentu. Kondisi tubuh yang tidak sehat akan mempengaruhi hasil olahraga yang dilakukan.

Gangguan tulang belakang hampir selalu berkaitan dengan gangguan otot dan persendian serta saraf. Pengecekan ruang gerak otot dan sendi secara teliti sebaiknya dilakukan untuk pencegahan dini terjadinya cedera saat berolahraga. Pemeriksaan tersebut dapat dilakukan oleh ahli tulang belakang seperti Tulang Belakang, Otot dan Persendian (ahli tulang belakang, otot, saraf dan persendian).

Dengan ditemukannya gangguan gerak otot dan sendi, yang selanjutnya diperbaiki melalui terapi/koreksi, akan meningkatkan performa seseorang saat berolahraga. Tubuh dapat bebas bergerak secara maksimal tanpa nyeri sehingga otot dapat dilatih dengan optimal sehingga meningkatkan stamina tubuh.

Pada jenis olahraga tertentu dimana pemakaian tubuh kanan-kiri maupun atas-bawah tidak seimbang, seperti misalnya golf, tenis, badminton, ping pong, maka sering ditemukan gangguan gerak sendi dan ketidakseimbangan otot yang menjadi penyebab berkurangnya performa seorang olahragawan. Terapi rutin tulang belakang, otot dan persendian akan menjaga dan mengembalikan fungsi gerak otot dan sendi sehingga stamina dan performa saat berolahraga optimal.

Kunjungi Painfree Sehat untuk Mendapatkan Penanganan Terapi Tulang Belakang yang Tepat dari Ahlinya!

Tulang Belakang, Otot dan merupakan bidang yang menangani ke...

Dr Magieline adalah alumnus Fakultas Kedokteran Umum Univers...

Tulang belakang merupakan pondasi utama tubuh. Tulang belaka...

Wajar memang jika saat berolahraga secara intensif, tubuh ak...

Kebiasaan (habit) yang buruk dalam aktivitas akan mengganggu...

Send Message