Cedera Ringan Berakibat Fatal Bagi Tulang Belakang

Cedera Ringan Berakibat Fatal Bagi Tulang Belakang

Senin, 29 Apr 2019
Sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami cedera, baik saat olahraga maupun saat beraktivitas sehari hari. Sebagian besar juga akan berusaha menangani cedera yang dialami dengan caranya sendiri, dan tidak langsung mencari pertolongan medis yang tepat. Berbagai alasan diutarakan, baik dari sisi biaya, tidak ada waktu, hingga takut akan ketahuan penyakitmya, ataupun merasa takut untuk diobati.

Beberapa tindakan yang dilakukan sendiri dapat membantu, dapat pula berakibat fatal tanpa disadari. Cedera yang awalnya ringan dapat berkembang menjadi fatal apabila tidak ditangani dengan baik.

Tubuh manusia yang “pintar” akan menyesuaikan saat dipakai dengan paksa pada kondisi yang tidak sehat. Contohnya adalah saat salah satu kaki mengalami cedera dan tidak dapat dipakai menapak saat berjalan, maka tubuh akan berkompensasi untuk berjalan dan menapak lebih banyak dengan kaki sebelahnya.
Untuk tempo singkat hal ini belum memberikan dampak pada kaki yang sehat, namun untuk waktu yang cukup lama maka kaki sehat itupun akan mengalami cedera karena beban berlebih yang ditopangnya, begitu pula dengan panggul dan tulang belakang.

Tulang belakang merupakan pondasi tubuh yang idealnya seimbang saat berada di posisi yang benar. Pada kondisi struktur tulang belakang yang baik maka seluruh beban tubuh akan ditopang oleh tulang belakang dengan rata dan distribusi beban ke seluruh otot juga seimbang.
Gangguan pada struktur ataupun posisi tulang belakang ataupun alat gerak, akan berakibat pada beban tubuh yang berubah menjadi tidak seimbang. Pada area yang mendapat beban lebih maka cedera akan muncul secara perlahan. Cedera ringan seringkali menyebabkan bergesernya posisi tulang belakang maupun persendian pada alat gerak yang pada awal cedera belum terasa akibatnya. Apabila kondisi ini tidak ditangani maka lama kelamaan muncul keluhan serius dan lebih berat pada area tersebut dan juga area lain yang berkompensasi.
Pemeriksaan dapat dilakukan oleh dokter tulang belakang, otot dan persendian untuk mencari posisi tulang belakang atau persendian yang bergeser pada awal terjadinya cedera dan dilakukan koreksi. Hal ini untuk mencegah terjadinya cedera yang lebih berat nantinya dan unutk mengembalikan keseimbangan beban tulang belakang.

Kunjungi Painfree Sehat untuk Mendapatkan Penanganan Terapi Tulang Belakang yang Tepat dari Ahlinya!

Tubuh kita tidak pernah beristirahat bahkan saat tidur. Mala...

Nyeri tulang belakang umumnya menimbulkan ketidaknyamanan di...

Kesehatan tubuh manusia tentunya berkaitan dengan nutrisi da...

Tulang belakang merupakan pondasi utama tubuh. Tulang belaka...

Bisa memainkan alat musik merupakan kebanggaan tersendiri ba...

Send Message