Cedera Olahraga Golfer Syndrome, Tennis Elbow dan Penanganannya

Cedera Olahraga Golfer Syndrome, Tennis Elbow dan Penanganannya

Kamis, 27 Des 2018
Berolahraga mempunyai tujuan untuk menjaga dan memelihara kesehatan jasmani. Tapi beberapa jenis olahraga dapat menyebabkan cedera pada tulang, persendian dan otot apabila tidak dilakukan dengan cara yang tepat. Terutama pada olahraga yang lebih menitikberatkan pada satu sisi tubuh dan gerakan yang dilakukan dengan berulang seperti: golf, tennis, badminton, ping pong.

Golfer's syndrome (medial epicondylitis) dikenal juga sebagai golfer’s elbow. Kondisi ini menyebabkan nyeri dan peradangan pada tendon yang menghubungkan siku dengan lengan bawah. Nyeri berpusat pada tonjolan tulang siku bagian dalam dan menjalar ke lengan bawah.

Golfer's syndrome biasanya disebabkan oleh kegiatan yang menggunakan otot secara berlebihan pada pergerakan menggenggam, memutar lengan dan menekuk pergelangan tangan. Gerakan yang berulang kali tersebut dapat menimbulkan tarikan atau robekan halus pada tendon.

Kondisi ini tidak hanya terjadi pada pemain golf. Pada kegiatan apapun yang menggunakan gerakan repetisi pada tangan, pergelangan dan lengan bawah dapat menimbulkan gejala golfer’s elbow.

Olahraga yang menimbulkan resiko ini adalah tennis, bowling, baseball. Kegiatan lain pada orang yang banyak memakai alat pertukangan seperti palu, alat membaut, bor dan pada pelukis ataupun perajut dan pemakai computer atau gadget.

Selain Golfer’s elbow, dikenal juga tennis elbow. Keduanya merupakan bentuk dari radang otot siku. Perbedaannya adalah tennis elbow berasal dari kerusakan tendon dibagian luar siku, sementara golfer’s elbow disebabkan oleh tendon bagian dalam.

Keluhan yang dirasakan adalah nyeri terutama pada penekanan di area tulang siku bagian dalam yang disebut epicondylus medial, terutama saat tangan melakukan gerakan mengenggam. Terjadi kelemahan otot pergelangan dan nyeri saat menekuk dan memutar pergelangan kearah dalam. Hal ini biasanya terjadi perlahan dan muncul dengan rasa kaku yang hilang timbul sampai akhirnya terjadi nyeri yang menggangu fungsi gerak.

Cara penanganannya adalah dengan kompres dingin, mengistirahatkan lengan, berhenti main golf / tennis selama minimal 2 minggu untuk mencegah proses penyakit menjadi kronik. Brace atau support untuk siku juga disarankan untuk mencegah terjadinya cedera berulang dan melindungi kerja otot sehingga nyeri berkurang.

Bila penyakit berlanjut konsultasikan pada dokter untuk dilakukan fisioterapi / sport massage dan dibantu dengan obat antiinflamasi baik obat minum ataupun obat suntik.

Stay Healthy and Happy. Salam Sehat !

Kunjungi Painfree Sehat untuk Mendapatkan Penanganan Cedera Olahraga yang Tepat dari Ahlinya!

Tulang Belakang, Otot dan merupakan bidang yang menangani ke...

Sekitar 80% orang dewasa pernah sakit pinggang, baik pria ma...

Wajar memang jika saat berolahraga secara intensif, tubuh ak...

Setiap manusia selalu berusaha untuk menjaga kesehatan tubuh...

Sakit pinggang dapat menjadi keluhan yang mengganggu aktivit...

Send Message