Hal Penting Tentang Tulang Belakang Yang Perlu Diketahui

Hal Penting Tentang Tulang Belakang Yang Perlu Diketahui

Kamis, 09 Mei 2019
Tulang belakang terbentuk dan tersusun dengan lengkungan tertentu. Dengan susunan dan bentuk kurva/lengkungan yang tepat maka kekuatan tulang belakang kita optimal saat menahan beban tubuh. Perubahan struktur dan lengkungan akan mengurangi kekuatan tulang belakang dan otot, sehingga terjadi gangguan pada ruang gerak dan stamina tubuh.
Saat lahir manusia memiliki 33 buah tulang belakang, namun saat dewasa jumlahnya menjadi 26 buah. Beberapa kelainan bawaan pada tulang belakang sering dijumpai, berupa jumlah tulang pinggang/lumbal yang kelebihan 1 atau berkurang 1. Hal ini tentunya berpengaruh pada fungsi tulang belakang.

Tulang belakang berfungsi sebagai pondasi tubuh dan tulang belakang yang menciptakan kemampuan tubuh untuk bergerak. Tanpa fungsi maksimal dari pergerakan tulang belakang maka kita tidak dapat melakukan aktivitas sehari hari seperti duduk, berdiri, berjalan, menari.
Tulang belakang merupakan pelindung utama dari otak dan seluruh saraf di tubuh kita. Setiap gangguan di ruas tulang belakang akan mengakibatkan iritasi saraf dan pada akhirnya dapat menggangu fungsi organ dalam.

Semakin bertambah usia berarti semakin menua juga usia tulang belakang. Penuaan tersebut berupa perubahan struktur tulang vertebra yang memipih, disertai perkapuran hingga pengeroposan tulang, dan penipisan atau pengeringan bantalan sendi. Hal ini berimbas pada berkurangnya tinggi badan manusia.
Sebagian besar masalah kesehatan yang timbul pada pekerja bersumber dari masalah tulang belakang. Hal ini berhubungan dengan gaya hidup dan kebiasaan sehari hari yang kurang tepat sehingga menyebabkan terjadinya cedera pada tulang belakang. Contohnya pada pekerja kantoran yang duduk terlalu lama dengan posisi kerja yang tidak ergonomis.

Pentingnya pengetahuan tentang tulang belakang mempengaruhi kepedulian kita terhadap kesehatan tulang belakang. Semakin banyak informasi yang kita ketahui, maka semakin peduli kita dengan kesehatan.
Beberapa riset menyebut 90% manusia pernah mengalami sakit pinggang ataupun sakit leher. Namun tidak semua berasal dari saraf terjepit. Hal ini perlu dibedakan dari gejala dan pemeriksaan oleh dokter. Pemeriksaan penunjang seperti rontgen tulang belakang hingga MRI dapat dipakai untuk memnbantu menentukan diagnosa yang tepat.

Kunjungi Painfree Sehat untuk Mendapatkan Penanganan Terapi Tulang Belakang yang Tepat dari Ahlinya!

Kebiasaan (habit) yang buruk dalam aktivitas akan mengganggu...

Tubuh kita tidak pernah beristirahat bahkan saat tidur. Mala...

Nyeri tulang belakang umumnya menimbulkan ketidaknyamanan di...

Sebagian besar dari kita pasti pernah mengalami cedera, baik...

Kesehatan tubuh manusia tentunya berkaitan dengan nutrisi da...

Send Message